Punya Gayanya Sendiri, Berikut 5 Istilah Taktik Paling Populer Dalam Sepakbola

Formasi memang dalam prakteknya menjadi dasar dari permainan sepak bola menyerang. Tiga pemain di lini tengah bertugas menjadi penyeimbang meskipun memainkan peran berbeda-beda. Sepak bola menyerang nantinya bakal menjadi identitas tim TSI yang diproyeksikan tampil di ajang Piala Dunia usia muda Gothia Cup Cina Agustus 2017 mendatang. Karena itu, Deris akan terus mengasah formasi dalam laga ujicoba supaya para pemain bisa cepat beradaptasi. Penyerang tengah biasanya berperan sebagai target man dan menjadi tujuan utama pemain lain untuk memberi bola.

Bobby paling sering menjadi bek tengah yang maju untuk menghentikan serangan lawan di intermediate pertahanannya. Ketika ia bergerak naik untuk melengkapi pressing pada Ramdani Lestaluhu, Bobby melakukan shoulder-check dengan tepat. Dua kali ia menoleh ke kanan memastikan Bambang Pamungkas berada dalam jangkauan Syaeful Anwar. Setelah yakin keadaan aman, Bobby kemudian meninggalkan posnya untuk menghambat Ramdani.

Posisi ini menuntut pemain punya kontrol bola dan dribbleyang di atas rata-rata pemain lain. Gelandang serang juga biasanya punya kemampuan tendangan jarak jauh. Wesley Sneijder adalah contoh pemain yang memerankan posisi ini. Formasi ini memiliki pertahanan yang solid, dan mengandalkan serangan balik. 2 orang bek sayap dapat maju ke depan saat serangan balik, dan 2 gelandang sayap bertugas untuk memberikan umpan cantik kepada target man atau striker yang sudah menunggu di depan.

Pergerakan gelandang tengah Bali United juga memegang peranan dalam build-up Bali United di area depan. Seperti yang dijelasakan di atas, dua no . 8 Bali United rajin ikut bermain melebar ke half-space dekat dengan flank untuk membantu usaha Bali United membuka ruang di sisi pinggir atau tengah pertahanan lawan. Kedua number 8, Hendra dan Sute, Bali United memiliki cara bermain yang mirip tetapi di beberapa situasi menyerang, Sute tampak lebih vertikal ketimbang Hendra Sandi.

Kekuatan lainnya, adalah pergerakan pemain-pemain Bali United yang sangat rajin melakukan pertukaran posisi. Dari keterlibatan pemain-pemain Bali United dalam build-up, baik dua penyerang sayap mau pun ketiga gelandang tengahnya sering kali bergantian mengisi area no . 8 untuk membantu build-up. Pertukaran-pertukaran posisi seperti ini merupakan hal positif, karena bisa menyamarkan pergerakan menyerang Bali United. Salah satu contohnya adalah kombinasi antara Ricky Fajrin, Sandi Sute, dan Sultan Samma dalam pertandingan menghadapi Mitra Kukar. Tetapi, bila memungkinkan, bola akan langsung diberikan ke lini tengah, yang ikut turun menjemput bola di sepertiga awal.

Karena memainkan penguasaan bola yang dominan dan aliran bola cepat, setiap pemain dituntut aktif baik saat bertahan maupun menyerang. Ujung-ujungnya tentu menuntut energi pemain yang harus selalu fit di setiap pertandingan. Kekuatan lain pertahanan Bali United, adalah Bobby Satria yang memiliki kemampuan yang baik saat bermain di intermediate pertahanan.

Sementara striker bergerak lebih banyak dibanding penyerang tengah. Posisi ini menuntut pemain untuk memiliki kecepatan dan dribble yang baik. Sementara second striker di sepakbola modern kerap disebut si nomor 10.

Pemain tengah yang bertugas menjemput bola dari deep-area menjadi tugas Fadil. Bila posisi Fadil kurang strategis, satu gelandang tengah lainnya yang akan menggantikannya. Dari Fadi, l bola disirkulasi sejenak, ia akan melakukan kombinasi umpan pendek dengan Hendra Sandi atau Sute. Bila memang memungkinkan, bola akan diarahkan langsung ke area depan untuk menjangkau lini depan Bali United.

Pemain ini biasanya punya peran yang lebih bebas untuk berkreativitas. Posisi ini berkarakter pemain yang punya kemampuan teknikal yang sangat baik.

5 orang bertipikal penyerangan, yaitu 4 orang gelandang penyerang dan seorang striker yang menjadi target man yang digunakan dalam formasi ini menandakan betapa maksimalnya kekuatan serangan dari formasi ini. Formasi terdiri dari 4 orang pemain belakang atau bek, 1 orang gelandang bertahan, 4 orang gelandang penyerang, dan seorang striker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*